Cuma Ayah yang Tau Rasanya

1. Pulang kerja, badan capek, pengen rebahan di sofa empuk yang nyaman. Kenyataannya, baru juga buka pintu rumah, kaki malah langsung nginjek mainan. Makin melangkah masuk, makin tidak jelas perbedaannya, ini rumah atau kapal pecah? Kemana mata memandang, hanya hamparan mainan berantakan yang terlihat.. barang-barang milik ayah pun tak luput dimainkan. Cuma ayah yang tau rasanya..

2. Pulang kerja, hidung udah bosen menghirup bau knalpot dan polusi. Kepengen lah cium wanginya istri.  Cuzz ngebut biar cepet sampai. Ekspektasi disambut istri yang udah rapi, cantik dan wangi di pintu rumah. Kenyataannya, sampai rumah istri belum mandi. Masih bau ASI atau malah bau terasi. Si kakak juga belum mandi dan sama-sama masih asem buat diciumi. Cuma ayah yang tau rasanya..
3. Weekend di jalan, perut keroncongan nagih jatah makan siang.

Kalo emak yang nanya beginian:
 "Mau makan apa Yah?"
 Ayah : "Terserah"
 Emak : "RM itu ya"
 Ayah : "Oke siap"

Maka masalah selesai.
____

Kalo ayah yang nanya :
"Mau makan apa Bu?"
Ibu : "Terserah"

Maka masalah dimulai...

Ayah belok ke RM Padang, emak komen :
"Ga mau ah yah, takut kolesterol.."

Ayah belok ke RM sate, emak komen :
"Jangan yah, bahaya makan daging yang gak mateng-mateng banget.."

Ayah belok ke McD, emak komen :
"Ealah ayah, emang gak tau ya fastfood itu banyak micin nya. Ga sehat yah, ga sehat.."
Cuma ayah yang tau rasanya...

4. Mobil tiap hari di lap sambil di elus-elus, kotor keujanan pasti langsung dimandiin, jok bersih, di dalamnya wangi plus anti debu. Tapi itu hanya berlaku hari senin sampai jumat. Begitu weekend tiba, taraaa. Remahan biskuit menyebar selebar jok, bonus sampe pojokannya. Tumpahan jus menetes-netes ke bawah. Bekas cap tangan berlumur coklat jadi hiasan kaca jendela. Jadi inget suatu adegan film Titanic #eehh. Pas sampai rumah dan anak-anak turun, ayah sampai bingung, mana duluan yang mau dibersihin. Cuma ayah yang tau rasanya...

5. Ayah keingetan pesan istri yang sering diucap, lebih sering terdengar daripada iklan pilkada DKI kemaren:

"Kalo ada apa-apa cerita ya yah. Ibu kepengen ayah selalu jujur. Pokoknya jangan ada yang ditutup-tutupi antara kita..."

Maka ayah pun cerita :
"Bu, kemarin mantan ayah jaman kuliah, si X itu loh, dia WA ayah"
"Hah? Ngapain Yah? Kok bisa?"
"Ya ga tau Bu. Tiba-tiba ajah dia WA"
"Trus dia nanya apaan?"
"Nanya kabar ayah ajah"
"Iih ngapain sih dia caper gitu. Pasti sebelumnya ayah ada komenin foto selfie nya dia di fesbuk ya?"
"Engga Bu"
"Ayah kirim ucapan ultah buat dia?"
"Engga Bu"
"Trus kenapa dia gitu?! Udah lah hapus ajah hapus contactnya. Trus ayah jawabin apa engga?"
"Engga Bu"
__

Si ayah langsung menyesaaall udah cerita. Urusan jadi panjang dan jadi kaya sesi introgasi gini. Ayah berharap last question tadi menutup bahasan ini. Tapi ternyata, masih lanjut dengan kultum pernikahan dengan tema 'kesetiaan' & 'pengorbanan seorang istri'. Cuma ayah yang tau rasanya...
6. Habis mandi, ayah ngajak anak main. Anak ga mau, sok asik mewarnai sendiri. Yess, ayah pun hepi bisa duduk santai di kursi, cemilan tersaji, siap nonton bola di tipi. Eh tapinya, baru juga dengerin pembukaan dari komentator bola, si anak udah komentar :

"Yaahhh.. aku mo nonton kartun.."
Jedeeer...
Otomatis pindah dah tuh channel..
Cuma ayah yang tau rasanya...

7. Malam jumat kepengen nyolek istri. Tapiii istri ditempel mulu ama si bayi. Akhirnya ayah ngajak main kakaknya dulu. Giliran kakaknya ngantuk, bapak semangat ngelonin sambil pura-pura merem biar si kakak cepet tidur. Tapiii entah mengapa saat ayah membuka mata, tiba-tiba pagi sudah tiba. Cuma ayah yang tau rasanya...

8. Ayah lagi ada masalah. Deadline kerjaan udah numpuk. Target belum tercapai. Bos bikin tegang dan suasana kantor yang lagi gak asik. Alhasil ayah jadi pendiam. Ingin menyendiri biar bisa mikirin solusi. Tapi yang ada malah makin ga bisa menenangkan diri, karena terus dicecar pertanyaan istri.

"Ayah kenapa? Ada apa?"
"Kok diem ajah dari tadi, ada masalah apa?"
"Kok ga mau cerita, ga percaya sama ibu?"

Duh ini istri apa wartawati sih.. nanya melulu.. diem dulu napa. Nanti kalo udah beres, pasti ayah ceritain. Cuma ayah yang tau rasanya..

9. Akhir bulan, duit ayah menipis. Tapi istri semangat banget cerita soal harga cabe naik, beras naik, sampai buku anak inceran yang akan naik harga bulan depan. Pengennya sih ayah nambahin uang belanja. Karena bapak paham, bikin istri bahagia kan dapet pahala.. Tapi apa daya, sekarang di ATM lagi gak ada dana. Akhirnya dengerin ajah sambil ditanggapi sesekali. Karena kalo diem ajah, bakal dianggap suami yang gak perhatian. Kata sindirannya bakal lebih pedes dari cabe paling mahal di negri ini. Cuma ayah yang tau rasanya...

10. Ayah lihat istri repot urus anak dan rumah sendiri. Muncul inisiatif buat bantuin. Eh tapi ternyata dengerin komentar istri itu lebih capek dibanding ngerjainnya.

"Yah, kramasin dede hati-hati ya. Awas jangan sampe masuk mata itu busa samponya"
----> Ya iyalah bu, yang ayah kramasin kan rambutnya, bukan matanya..

"Yah, bukan gitu caranya angetin ASIP. Kan udah pernah ibu ajarin. Lupa mulu nih ayah.."
----> Emangnya ayah udah berapa kali cobain gini bu? Perasaan baru 2-3x ini. Wajarlah ga inget. Ultah ibu ajah ayah sering lupa #eh

"Yah, kok kolongnya gak skalian disapu? Masa cuma lantai yang keliatan ajah yang dibersihin"
----> Yaelah bu, masih untung ayah mau ikutan pegang sapu. Ya udahlah bersihin ajah sendiri biar puaass..

Maka ayah pun gigit jari. Jangankan dapet ciuman tanda kasih sayang, ucapkan terima kasih pun jarang terngiang. Cuma ayah yang tau rasanya.

11. Ibu ultah. Ayah pengen sesekali kasih kejutan. Beliin kado, walau cara ngasihnya gak pake romantis-romantisan. Eh pas dibuka, bukannya melihat mata berbinar dan ucapan terima kasih dengan manja2an, ayah malah denger :

"Harganya berapa ini, Yah?"
"Diskon ga? Di mol A udah diskon 20% loh yang model ini"

Disitu ayah langsung keki. Muka cemberut dan melipir pergi karena merasa usahanya untuk menyenangkan istri malah kurang dihargai. Duh wanita dan harta.. menyatu jadi cobaan bersama. Cuma ayah yang tau rasanya...

12. Ayah diminta nemenin istri belanja suatu barang. Di toko A harga sekian rupiah. Merasa kemahalan, pindah ke toko B di sebrang sana. Ternyata lebih mahal. Cek toko C di sebelah sana lagi, eh harga justru tambah mahal. Akhirnya minta balik lagi ke toko A. Di situ ayah pengen ngluarin beberapa rupiah selisih harga yang gak seberapa itu dari dompetnya. Biar ga usah balik ke toko A yang jauh itu. Tapi takut istri ngambek. Ya biarlah korban tenaga dan waktu. Tapi lain kali, biar istri belanja ama temen wanitanya ajaa.. haha. Cuma ayah yang tau rasanya..
13. Pulang kantor tiba-tiba didiemin istri. Ayah pun bertanya:
"Ibu kenapa?"
Dijawab : "gpp"

Horor dah kalo dah singkat padat jelas gitu jawabannya. Lebih horor kalo abis itu istri sesenggukan nangis sendiri dan ayah pun dituntut punya ilmu terawang ala paranormal buat tau istrinya lagi kenapa. Cuma ayah yang tau rasanya.

14. Seberat apapun kerjaan di kantor, masih kalah berat dibanding harus menjawab pertanyaan:

"Ibu gemukan ya Yah?"
"Ibu kok jerawatan ya sekarang Yah?"
"Ibu sama perempuan itu cantikan siapa?"

Apapun jawaban ayah, akan salah di mata ibu. Dan panjang urusan kedepannya, bahkan bisa berabe ampe berantem ga penting segala. Cuma ayah yang tau rasanya...

Dear Ayah,,
Maafkan istrimu yaa. Mereka hanya belum tau isi hatimu. Semoga dengan membaca ini, mereka jadi paham apa yang kau rasa. Karena ayah juga manusia, yang kadang butuh curhat, walau bukan mantan presiden. Tapi kau mantan terindah di hatinya #eeaa..

Proud of u Ayaahh!!
Keep rock n cool as always.

Sumber: Penulis: Amalia Shinta

0 Response to "Cuma Ayah yang Tau Rasanya"

Posting Komentar